8 Makanan Tahan Lama yang Wajib Kamu Tahu! - Tokusaya.info Info Berita

Senin, 16 Desember 2019

8 Makanan Tahan Lama yang Wajib Kamu Tahu!

Makanan Tahan Lama – Tidak semua makanan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Tetapi dibawah ini ada 8 macam makanan yang memiliki daya tahan lebih lama daripada makanan lainnya.
Apa sajakah makanan tersebut?
  • Madu


Makanan Tahan Lama

Madu yang dihasilkan oleh para lebah ini menjadi makanan dengan daya tahan yang lama. Pada 2015 lalu, seorang arkeolog berhasil menemukan madu denga usia sekitar 3000 tahun dan masih dapat dimakan.
Daya tahan yang tinggi dari madu ini dipengaruhi oleh komponen madu yang rendah air dan tinggi zat gula, sehingga para bakteri tidak bisa hidup diatasnya. Madu juga memiliki kadungan hydrogen peroksida. Meskipun kandungan hydrogen peroksida dalam madu hanya sedikit, namun hal ini mampu menghambat pertumbuhan mikroba yang dapat membusukkan madu.
Gula dalam madu yang bersifat higroskopik yang cenderung menarik atmosfer air yang tidak ideal.
  • Kacang Kering


Makanan Tahan Lama
Sama halnya dengan madu, kacang kering juga memiliki daya tahan yang lama. Pengolahan dan penyimpanan yang baik menjadi pengaruh dari daya tahan lama pada kacang kering. Kacang-kacangan seperti kacang kering, kacang lentil dan kacang polong mampu meningkatkan kadar gula dan menurunkan kadar air yang membuat bakteri dan jamur sulit tumbuh.
Jika disimoan dengan tepat dalam wadah kedap udara, kacang bisa bertahan jauh lebih lama. Daya tahan kacang yang lama ini tidak akan mempengaruhi kandungan protein yang ada didalamnya.
  • Kecap
Kecap menjadi makanan dengan daya tahan yang lama, paling tidak selama 3 tahun. Hal ini lantaran kombinasi dari kandungan garam dan kedelai yang difermentasikan.
Kecap akan bertahan lama jika tetap tertutup rapat. Daya tahan kecap jug bergantung pada jenis kecap dan lama kecap dibuka. Penyimpanan pada suhu ruang akan memberika daya tahan yang lebih baik lagi pada kecap.
  • Cuka
Beberapa orang mungkin menyadari bahwa cuka memiliki rasa mirip wine dan sari buah. Sifat asam dalam cuka apel akan menghidupka bakteri acetobacter yang akan secara otomatis memfermentasikannya. Hal inilah yang menjadi penyebab kuatnya daya tahan cuka.
Lain halnya dengan cuka lain, cuka putih hampir tidak memiliki batas waktu yang pasti.
  • Beras Putih
Beras putih memiliki daya tahan yang cukup lama. Bahkan beras putih dapat bertahan hingga 30 tahun lamanya. Hal ini bisa terjadi jika beras putih disimpan dengan ketat pada temperature suhu yang pas.
Sebuah penelitian membuktikan bahwa suhu rendah dan minimnya oksigen akan membuat beras memiliki daya tahan yang lebih lama. Meski beras merah dianggap lebih sehat daripada beras putih, tetapi daya tahan pada beras merah tidak selama daya tahan beras putih.
  • Coklat
Beberapa orang setuju bahwa coklat adalah makanan yang memiliki daya tahan lama. Tetapi, beberapa juga tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Hal ini lantaran penambahan susu pada coklat akan membuatnya buruk dan tidak enak lagi untuk dimakan saat sudah disimpan lama. Namun, lain halnya dengan dark coklat. Dark coklat mampu bertahan dengan lebih baik.
Jika coklat disimpan pada suhu yang stabil, bisa membuatnya bertahan hingga 2 tahun lamanya. Bagi sebagian orang, coklat bukanlah makanan yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.
Nah bagaimana menurutmu setelah mengetahui informasi mengenai makanan yang memiliki daya tahan lama diatas? Tentu kamu sudah tidak perlu khawatir lagi. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda